Random Posts

test

Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Rabu, 30 Agustus 2017

MEMPERINGATI HUT RI KE-72 SD EKA TJIPTA SEMANDAU TAHUN 2017

Assalamu’alaikum wr.wb.
Salam sejahtera untuk kita semua.          
Berjumpa lagi dengan kami SD EKA TJIPA Semandau, Alhamdulillahhirobbil ‘alamin segala puji dan syukur kami ucapkan kepada Allah SWT yang telah memberikan segala nikmat dan karunianya kepada kita semua sehingga pada kesempatan kali ini kita masih diberi kesehatan, masih diberikan umur dan masih diberikan waktu untuk terus memperbaiki diri dan meningkatkan kualitas ibadah kita.

Kali ini kami ingin berbagi informasi tentang kegiatan yang ada di SD ET Semandau, di bulan Agustus ini SD ET Semandau ikut memeriahkan HUT Indonesia yang ke-72 dengan mengadakan lomba anak-anak. Lomba yang diikuti oleh semua siswa-siswi SD ET Semandau ini dilaksanakan pada hari senin tanggal 14 Agustus 2017, yang pada hari itu bertepatan juga dengan hari pramuka. Sebelum kegiatan lomba dimulai SD ET Semandau melaksanakan upacara memperingati hari pramuka terlebih dahulu. Walaupun hari itu hari senin namun anak-anak dan dewan guru SD ET Semandau mengenakan pakaian pramuka untuk memperingati hari pramuka.

Setelah kegiatan upacara semua siswa bersiap untuk mengikuti lomba-lomba yang nanti akan diikuti oleh mereka. Semua siswa-siswi mengganti pakaiannya dengan pakaian olahraga. Semua masuk ke kelas masing-masing dan mendaftarkan diri kepada wali kelas masing-masing. Adapun lomba yang dipertandingkan di SD ET Semandau meliputi,
1.      Lomba estafet bola pingpong.
2.      Lomba balap karung.
3.      Lomba pecah air dalam plastik.

Lomba estafet bola pingpong merupakan lomba beregu atau kelompok, lomba yang satu ini membutuhkan kekompakan dan ketenangan yang ekstra untuk mampu memindahkan bola pingpong dari satu orang ke orang yang lain, bola pingpong tersebut ditaruh di dalam gelas plastik yang kemudian gelas tersebut diikat di kepala setiap peserta.Peserta dari lomba ini berjumlah 5 orang setiap kelompok bisa lebih atau kurang disesuaikan dengan jumlah peserta seluruhnya.

Lanjut ke lomba berikutnya yakni lomba balap karung, setelah kita tadi menyelesaikan lomba setafet bola pingpong. Lomba kali ini nampaknya lomba yang sudah sangat dikenal dikalangan banyak orang, baik itu anak-anak, remaja, orang dewasa maupun orang yang sudah lanjut usiapun mereka masih memainkan lomba ini di setiap kegiatan mengisi kemerdekaan. Lomba yang tergolong sudah legendaris ini sedikit kami modifikasi agar menarik untuk dilihat dan anak-anak merasakan suasana baru walaupun jenis lomba yang dimainkan adalah lomba yang sudah sangat mereka kenal.

Tim kreatif SD ET Semandau mencoba mencari referensi lomba melalui internet, dan akhirnya menemukan salah satu lomba yang nampaknya sedang naik daun dan menjadi trending topik seantero indonesia. Kemudian kami mencoba untuk menerapkannya di SD ET Semndau ini. Mulanya anak-anak mempertanyakan perlengkapan yang disediakan kenapa ada helm, karung, dan tali karena biasanya untuk lomba balap karung hanya membutuhkan karung saja. Namun akhirnya setelah panitia lomba menjelaskan kepada para peserta lomba mereka pun nampak antusias dan ingin segera mencoba perlombaan tersebut, karena memang ini pertama kalinya mereka mengikuti lomba balap karung yang dilengkapi dengan helm (pelindung kepala). Anak-anak nampak sangat menikmati lomba, terbukti penonton yang berasal dari kelas1-6 tumpah ruah dan bersorak sorai memberikan semangat kepada para peserta yang sedang bertanding.  Selain mengasah kompetisi atau daya saing secara sportif lomba ini juga memiliki unsur humor yang dapat membuat penonton tertawa gembira melihat peserta balap karung yang dilengkapi dengan helm layaknya seorang pembalap Moto GP.

Setelah selesai melaksanakan lomba balap karung kali ini anak-anak dimanjakan lagi dengan permainan lomba pecah air. Air yang yang dimasukkan kedalam plastik kemudian digantung harus dipecahkan menggunakan kepala. Peserta harus berlari dan melompat untuk dapat memecahkan air tersebut. Siapa yang terlebih dahulu memecahkan air tersebut itulah yang keluar sebagai pemenang. Lomba ini juga sangat ditunggu-tunggu oleh anak-anak karena kebanyakan dari mereka menuturkan bahwa “sangat senang bisa bermain air dan basah-basahan”. Tidak heran jika pesertanya membludak ingin mengikuti lomba pecah air tersebut. Seperti biasa naluri anak-anak jika sudah ketemu dengan yang namanya air mereka akan sangat senang dan bisa berlama-lama main air bahkan sampai lupa waktu.
Lomba tersebut mengasah ketangkasan mereka dan kecepatan berlari dari peserta lomba. Namun disayangkan animo peserta yang sangat antusias untuk mengikuti lomba tersebut harus dibatasi jumlahnya karena selain jumlah kantong plastik yang terbatas waktu pun juga membatasi kemeriahan lomba ini. Jadi panitia memutuskan untuk membatasi jumlah peserta lomba pecah air menjadi 30 peserta saja. Namun hal itu tidak mengurangi kemeriahan lomba yang kami selenggarakan.

Setelah semua lomba selesai akhirnya memunculkan para pemenang dan para juara di setiap lomba. Pengumuman dan pembagian hadiah lomba dilaksanakan pada hari sabtu 19 Agustus 2017. Hadiah diberikan setelah kegiatan senam pagi, kemudian Bapak Dita Fardianto membacakan pemenang lomba-lomba yang sudah dilaksanakan pada tanggal 14 Agustus 2017.

Berikut foto-foto lomba yang diadakan oleh SD ET Semandau untuk memeriahkan HUT RI yang ke-72.

Gb.1 Lomba estafet bola pingpong


Gb.2 Peserta lomba masih berusaha memberikan bola kepada temannya

Gb.3 Peserta lomba berhasil memasukkan bola di keranjang.

Gb.4 Salah satu  peserta lomba balap karung

Gb.5 Lomba balap karung


Gb.6 Salah satu peserta lomba terjatuh

Gb.7 Lomba pecah air

Gb.8 Lomba pecah air

Gb.9 Salah satu peserta lomba pecah air basah terkena air setelah berhasil memecahkan air dalam plastik

Gb.10 Bapak Dita Fardianto, S.Pd. membacakan pengumuman lomba.

Gb.11 Ibu Winarti, S.I.P. memberikan hadiah kepada pemenang lomba

Gb.12 Para pemenang lomba pecah air

Gb.13 Ibu Ratni Indah S.,S.Pd. memberikan hadiah kepada pemenang lomba

Gb.14 Foto bersama pemenang lomba

Gb.15 Foto bersama pemenang lomba

Gb.16 Bapak Erik Rudolfo, S.Pd. foto bersama pemenang lomba

     Demikian rangkaian kegiatan yang dilaksanakan di SD ET Semandau untuk mengisi kemerdekaan di tahun 2017  ini, semoga dengan kegiatan ini dapat mengajarkan anak-anak kami untuk selalu menghargai jasa para pahlawan dan bisa menjadi generasi penerus bangsa yang mampu menjaga kelestarian, kekayaan dan keragaman bangsa. Terimakasih atas perhatiannya sampai jumpa di kegiatan berikutnya, wassalamu'alaikum wr.wb.
Merdeka ...!!










Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot

Halaman