Random Posts

test

Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Senin, 12 Juni 2017

STUDY TOUR SD ET SEMANDAU GOES TO SAMPIT

Assalamu’alaikum wr.wb.
Salam sejahtera untuk kita semua.          
Berjumpa lagi dengan kami SD EKA TJIPA Semandau, Alhamdulillahhirobbil ‘alamin segala puji dan syukur kami ucapkan kepada Allah SWT yang telah memberikan segala nikmat dan karunianya kepada kita semua sehingga pada kesempatan kali ini kita masih diberi kesehatan, masih diberikan umur dan masih diberikan waktu untuk terus memperbaiki diri dan meningkatkan kualitas ibadah kita.  Untuk kesempatan kali ini kami ingin berbagi informasi yang ada di SD ET Semandau.
Kegiatan teranyar kami yakni Study Tour kelas VI yang diselenggarakan pada tanggal 22 Mei 2017. Study Tour sudah seperti hal yang wajib ada disetiap akhir tahun pembelajaran. Kegiatan yang biasanya melibatkan semua dewan guru dan semua siswa tingkat akhir di sekolah, baik tingkat dasar, pertama maupun menengah. Kegiatan Study Tour merupakan kegiatan yang tidak hanya fokus pada tour nya saja  untuk melepas penat setelah melaksanakan Ujian Nasional namun selain itu juga terselip nilai-nilai edukasi yang tentunya bisa menambah wawasan bagi siswa maupun guru.
Pukul 06.30 siswa berkumpul di SD ET Semandau untuk bersiap dan mendapatkan pengarahan dari Kepala Sekolah. Kegiatan Study Tour diawali dengan pengarahan Bapak Agus Hermawan,S.Pd. selaku kepala sekolah. Kemudian dilanjutkan do’a bersama yang dipimpin oleh Bapak Mukhammad Catur P.U., S.Pd.I. selaku guru mapel Pendidikan Agama Islam. Setelah itu Bapak Dita Fardianto, S.Pd. memberikan pengarahan dengan membagi tempat duduk bagi semua anggota rombongan Study Tour. Pukul 07.00 semua peserta sudah siap dan segera berangkat menuju tempat tujuan yang sudah direncanakan.
SD ET Semandau melakukan kunjungan ke beberapa tempat yang ada di Sampit, kunjungan pertama rombongan SD ET Semandau yakni di Tugu Perdamaian. Tugu tersebut digunakan untuk napak tilas tragedi Sampit, konflik ini melibatkan penduduk asli dan pendatang yang terjadi pada tanggal 18 Februari 2001. Ketidakfahaman para pendatang akan tata hidup dan adat masyarakat Dayak di Kalimantan mengakibatkan konflik berdarah antar kedua kubu tersebut.  Tujuan dari kunjungan ini dimaksudkan agar generasi muda dapat belajar dari sejarah yang merenggut banyak korban tersebut supaya hal ini tidak terjadi lagi dimasa mendatang.
Kunjungan kedua SD ET Semandau yakni ke Museum Kayu, museum yang berada tepat di pusat kota sampit ini dibangun pada tahun 2003 dan diresmikan pada oktober 2004. Dinamakan Museum Kayu karena kota Sampit pernah berjaya di bidang perkayuan. Banyak barang-barang bersejarah yang ada di Sampit disimpan di museum ini. Diantaranya jenis-jenis kayu, alat pengolahan kayu, alat komunikasi, alat dapur, alat penangkap ikan, dan alat transportasi.
Koleksi kayu yang ada di museum antara lain kayu ramin, dowel, meranti kuning, alau, kemfa, ulin, benuas, samping, lanan, bangas, sungkui, pantung dan pilam. Sebagian sudah dibuat furniture dan sebagian lagi dibuat sampel atau berupa potongan. Selain itu juga ada alat transportasi berupa kereta lokomotif dan mobil jip mantan Gubernur Kalimantan Tengah. Kunjungan ini dimaksudkan agar siswa mengetahui kekayaan budaya serta sumber daya alam yang ada di Kalimantan tengah khususnya kota Sampit.
Setelah dari Museum Kayu kami melanjutkan perjalanan ke tempat dimana terletak ikon kota Sampit yakni patung Ikan Jelawat. Patung ikan jelawat merupakan ikon daerah kota Sampit. Ikon kota yang mengusung patung ikan khas daerah ini dilengkapi dengan ruang terbuka publik yang nyaman untuk menikmati suasana Sungai Mentaya selain itu pemandangan sungai yang memanjakan mata membuat para pengunjung betah untuk berlama-lama disana. Sungai Mentaya juga menyuguhkan budaya lokal Sampit dengan alat transportasi air yang berlalu lalang. Selain itu ada pertokoan di sebrang jalan. Warisan leluhur juga disampaikan lewat ruang terbuka ini. Hal itu dapat dilihat dari ornamen, replika guci, tombak talawang, pengunjung juga diajak mengenal kekayaan alam dengan menghadirkan replika bunga Anggrek Tewu.
Setelah tadi berkutat dengan wisata yang bernuansa edukatif kali ini kami sengaja untuk mengajak anak-anak  mengunjungi Sampit Water Park, disana anak-anak bebas untuk bermain air mencoba wahana yang ada, berfoto-foto, bermain sepeda, becak dan lain sebagainya. Tak mau kalah dengan murid-muridnya Bapak/Ibu guru juga ikut mencoba wahana yang ada. Wahana yang menjadi favorit adalah meluncur dari ketinggian dengan menggunakan ban pelampung. Ada juga wahana air tumpah yang mampu menyedot banyak perhatian pengunjung. Makan siang dan sholat dzuhur juga dilakukan disana. Seusai dari Sampit Water Park kami mengunjungi pusat perbelanjaan untuk berbelanja dan membeli oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Selesai berbelanja kami melanjutkan shalat Maghrib dan makan malam di salah satu rumah makan daerah Sampit. Setelah selesai shalat maghrib dan makan malam, kami segera bersiap kembali ke mobil untuk melanjutkan perjalan pulang. Tepat pukul 19.00 waktu setempat kami bertolak dari Sampit dan kembali ke sekolah. Sekitar dua jam kemudian kami sampai di sekolah semua siswa dan guru segera pulang ke rumah masing-masing untuk beristirahat.
Itulah tadi serangkaian kegiatan Study Tour SD ET Semandau yang dilaksanakan pada tanggal 22 Mei 2017. Semoga semua kegiatan ini bermanfaat bagi kita semua. Berikut kami tampilkan foto-foto kegiatan Study Tour SD ET Semandau.    


Gb.1 Kunjungan di Tugu Perdamaian.

Gb. 2 Kunjungan di Museum Kayu Sampit.


Gb. 2.1 Salah satu koleksi Museum Kayu Sampit (Mobil dinas Bupati tahun 1955-1956)



Gb. 2.2 Salah satu koleksi Museum Kayu Sampit (Radio)

Gb. 2.3 Salah satu koleksi Museum Kayu Sampit (Peralatan Memasak Tradisional)

Gb. 2.4 Salah satu koleksi Museum Kayu Sampit (Alat Pemotong Kayu)

Gb. 2.5 Salah satu koleksi Museum Kayu Sampit (Alat Pengolahan Padi)
Gb. 2.6 Beberapa dewan guru berfoto di Museum Kayu Sampit.

Gb. 2.7 Salah satu koleksi Museum Kayu Sampit (Peralatan Rumah Tangga dari Tanah Liat)
                                          

Gb. 2.8 Photo bersama beberapa dewan guru dan anak kelas 6 SD ET Semandau. 
Gb. 2.9 Pemberian Kenang-kenangan oleh Kepala SD ET Semandau (kiri) kepada Kepala Museum Kayu Sampit (kanan).

Gb. 3  Kunjungan di  Patung Ikan Jelawat (Simbol Kota Sampit)


Gb.3.1 Patung ikan jelawat.

Gb. 3.2 Beberapa siswa SD ET Semandau sedang menikmati pemandangan di sekitar area patung ikan jelawat.

Gb. 4 Sampit Water Park

Gb. 4.1 Beberapa guru dan siswa SD ET Semandau berfoto setelah mencoba salah satu wahana di Sampit Water Park.

Gb. 4.2 Siswa-siswi SD ET Semandau.

Gb. 5 Makan bersama di salah satu rumah makan kota Sampit.



          Demikian tadi rangkaian kegiatan Study Tour SD ET Semandau tahun 2017, kegiatan tersebut ditutup dengan makan bersama di Sampit. Kami berharap kegiatan tersebut bermanfaat bagi kita semua selain dalam hal edukasi atau pengetahuan SDA yang ada di daerah Kalimantan kegiatan ini dapat meningkatkan interaksi sosial antara siswa dengan  guru, guru dengan guru maupun siswa dengan siswa. Mungkin hanya itu  yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat untuk kita semua. Kami mohon maaf jika banyak tulisan yang kurang berkenan, sampai jumpa di kegiatan kami selanjutnya. Wassalamu'alaikum wr.wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot

Halaman