Random Posts

test

Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Rabu, 10 Mei 2017

PERINGATAN HARDIKNAS SD EKA TJIPTA SEMANDAU
TAHUN 2017

Assalamu’alaikum wr.wb.
Salam sejahtera untuk kita semua.
Berjumpa lagi dengan kami SD EKA TJIPA Semandau, Alhamdulillahhirobbil ‘alamin segala puji dan syukur kami ucapkan kepada Allah SWT yang telah memberikan segala nikmat dan karunianya kepada kita semua sehingga pada kesempatan kali ini kita masih diberi kesehatan, masih diberikan umur dan masih diberikan waktu untuk terus memperbaiki diri dan meningkatkan kualitas ibadah kita.  Untuk kesempatan kali ini kami ingin berbagi informasi atau kegiatan yang ada di SD ET Semandau, kami menginformasikan bahwa pada tanggal 2 Mei 2017 seluruh warga SD ET Semadau memperingati Hari Pendidikan Nasional (HARDIKNAS). Sudah selayaknya bagi kami yang berkecimpung dalam dunia pendidikan untuk memperingati hari bersejarah tersebut.
Kegiatan yang dilaksanakan di SD ET Semandau adalah upacara bendera memperingati hardiknas kemudian dirangkai dengan beberapa lomba yang diikuti oleh siswa-siswi SD ET Semandau. Upacara tersebut berlangsung hikmat dan tertib. Semua siswa-siswi mengikuti upacara dengan tenang dan penuh antusias. Antusias mereka terlihat ketika pembina upacara menyampaikan amanat, mereka mendengarkan dengan seksama apa yang disampaikan pembina upacara. Bapak Dita Fardianto, S.Pd. yang menjadi pembina menceritakan biografi Ki Hajar Dewantara. Selain itu beliau juga memberikan nasehat kepada anak-anak untuk senantiasa bersyukur kepada Allah swt karena saat ini kita diberi kemudahan untuk bersekolah diberi kemudahan untuk mencari ilmu, berbeda 180 derjat pada saat jaman penjajahan Belanda dulu tidak sembarang orang bisa mengenyam pendidikan. Hanya kalangan tertentu saja yang bisa atau boleh untuk bersekolah. Untuk rakyat biasa tidak diperkenankan untuk sedikitpun mendapatkan pendidikan di sekolah. Beliau juga mengatakan “sebagai pelajar harus belajar dengan giat dan sunguh-sungguh untuk menghargai dan meneruskan perjuangan para pejuang pendidikan yang telah bersusah payah dalam memperjuangkan pendidikan bagi rakyat Indonesia”.
Mengadopsi dari kebiasaan presiden kita Ir. Joko Widodo yang selalu memberikan pertanyaan kepada audien saat beliau berkunjung dan berpidato, Bapak Dita Fardianto, S.Pd. juga menggunakan kesempatan ini untuk memberikan pertanyaan kepada semua peserta upacara terkait dengan hari pendidikan nasional. Dua pertanyaan yang dilontarkan berhasil dijawab oleh I’am dan Wahyu tri lestari meskipun sebelumnya anak-anak nampak kebingungan mencari jawabannya. Upacara ditutup dengan bacaan do’a, anak-anak dibubarkan dan masuk ke kelas masing-masing untuk mempersiapkan kegiatan berikutnya.
Kegiatan selanjutnya bagi siswa kelas 1, 2, dan 3 adalah lomba menggambar. Tidak seperti sebelumnya yang biasanya menggambar pemandangan gunung, pemandangan laut atau binatang kali ini anak-anak diberikan tantangan baru untuk menggambar karakter dari Ki Hajar Dewantara. Anak-anak nampak menikmati dan senang dengan tantangan kali ini. Anak-anak mencontoh gambar yang telah disediakan oleh Bapak/Ibu guru kelas masing-masing.
Diwaktu yang sama kegiatan untuk kelas 4, 5, dan 6 adalah lomba cerdas cermat. Masing-masing kelas mengajukan tiga siswa untuk mewakili yang kemudian akan diundi dan dipasangkan dengan kelas lainnya. Setiap regu beranggotakan 3 siswa yang terdiri dari siswa kelas 4, 5, dan 6. Regu A beranggotakan Helena (4), Arum (5), dan Dwi (6), regu B beranggotakan Ayu (4), Anggun (5), dan Adit (6), sedangkan regu C beranggotakan Hilna (4), I’am (5), dan Vika (6).
Bapak Dita Fardianto, S.Pd. dan Ibu Tika Aprilia Pratiwi menjadi pemandu lomba cerdas cermat kali ini, dibantu Bapak Erik Rudolfo, S.Pd. sebagai dewan juri dan Bapak Mukhammad Catur P.U., S.Pd.I. sebagai seksi dokumentasi. Lomba cerdas cermat berlangsung sangat seru dan meriah, di babak pertama terjadi kejar mengejar angka yang sangat sengit antara regu A dan regu B, regu C sendiri masih terlihat jalan di tempat sehingga perolehan poinnya tertinggal dari kedua pesaingnya.
Di babak yang kedua regu C terlihat sudah menampakkan kemampuannya, layaknya mesin diesel yang terlambat panas regu C berhasil mengungguli perolehan poin yang dikumpulkan kedua pesaingnya. Hasil di babak kedua ini menempatkan regu C di posisi tertas perolehan poin disusul regu A diurutan kedua dan diposisi ketiga ditempati oleh regu B.
Babak ketiga atau babak penentuan dilangsungkan setelah istirahat. Setelah istirahat peserta lomba sudah bersiap dan penontonpun semakin antusias melihat ketiga regu yang bersaing ketat dan tidak mau menyerah untuk menjadi juara lomba cerdas cermat tahun ini. Semakin sengit persaingan ketiga regu tersebut, namun regu C yang dari awal tidak diprediksi untuk bisa menyaingi kedua pesaingnya justru malah melesat dengan lebih banyak menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan oleh pembawa acara. Bahkan regu A yang di babak pertama menguasai jalannya lomba dibabak ketiga ini terlihat banyak melakukan kesalahan. Sehingga terpaksa banyak poin yang sudah dikumpulkan harus dikurangi karena jawabannya salah. Regu B dengan strategi “menunggu” perlahan mendekati perolehan angka yang dikumpulkan oleh regu A. Dengan sabar regu B mengumpulkan poin demi poin, tidak mau mengambil resiko regu B hanya menjawab pertanyaan yang kira-kira mereka sudah yakin jawabannya benar, sehingga tidak mengurangi poin yang sudah dikumpulkan. Strategi tersebut nampaknya ampuh untuk membuat mereka melampaui perolehan poin regu A di akhir lomba.
Lomba cerdas cermat akhirnya selesai perolehan poin regu C berhasil membawa mereka menjadi juara 1 mengungguli kedua pesaingnya. Regu B berhasil menyusul perolehan regu A dengan selisih 50 poin dan regu A harus merelakan posisi kedua diakhir lomba dan harus puas duduk di peringkat ketiga. Perjuangan keras regu C berbuah manis dengan hasil akhir yang menunjukkan bahwa mereka berhasil menempati posisi teratas dengan perolehan poin 1950, regu B diposisi kedua memperoleh 1550 poin, sementara regu A yang menempati posisi ketiga memperoleh 1500 poin.
Setelah perhitungan poin selesai, tiba saatnya untuk Ibu Winarti, S.I.P. selaku ketua panitia memberikan hadiah kepada peserta lomba cerdas cermat, dan untuk lomba menggambar yang diikuti oleh kelas 1, 2, dan 3 hadiah diberikan langsung oleh wali kelas masing-masing. Raut wajah kegembiraan terpancar dari para peserta lomba cerdas cermat setelah tadi bersaing ketat dan berlomba-lomba untuk meraih juara pertama. Perlombaan hari itu selesai dan siswa kembali ke kelas masing-masing untuk kembali belajar melanjutkan materi pelajaran berikutnya.

Berikut foto-foto kegiatan peringatan Hari Pendidikan Nasional SD EKA TJIPTA Semandau tahun 2017.


Gb.1 Upacara memperingati Hari Pendidikan Nasional 

Gb.2 Petugas upacara mengibarkan bendera.

Gb.3 Pemimpin upacara (kiri) sedang lapor kepada pembina upacara (kanan).
Gb.4 Peserta lomba cerdas cermat Regu C I'am (kiri), Hilna (tengah), dan Vika (kanan).

Gb.5 Peserta lomba cerdas cermat Regu B Ayu (kiri), Adit (tengah), Anggun (kanan), serta Bapak Erik Rudolfo, S.Pd. (belakang) sebagai dewan juri.
Gb.6 Peserta lomba cerdas cermat Regu A Arum (nomor dua dari kiri),  Dwi (tengah), dan Helena (kanan).

Gb.7 Pembawa acara lomba cerdas cermat, Bapak Dita Fardianto, S.Pd. (kiri), dan Ibu Tika Aprilia Pratiwi (kanan).

Gb.8 Suasana lomba cerdas cermat SD ET Semandau.


Gb.9 Suasana lomba cerdas cermat


Gb.10 Penyerahan hadiah juara 1 oleh Ibu Winarti, S.I.P. (kiri).





Gb.11 Penyerahan hadiah juara 2 oleh Ibu Jumat tuniah, S.Pd .(kiri).



Gb. 12 Penyerahan hadiah juara 3 oleh Ibu Ratni Indah S, S.Pd. (kiri).


Gb. 13 Penyerahan hadiah oleh Bapak Dita Fardianto, S.Pd. (kiri)  kepada peserta upacara yang berhasil menjawab pertanyaan pembina upacara.




Demikian lah rangkaian acara atau kegiatan yang diselenggarakan SD ET Semandau untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional tahun 2017. Semoga kegiatan tersebut dapat memberikan manfaat bagi kita semua. Terutama bagi siswa-siswi SD ET Semandau. Kami mengucapkan Selamat Hari Pendidikan Nasional, raihlah citamu dengan terus belajar dan berusaha. Sampai jumpa lagi di kegiatan-kegiatan kami berikutnya kurang dan lebihnya mohon maaf, wassalamu'alaikum wr.wb.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot

Halaman