Random Posts

test

Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Rabu, 03 Februari 2016

LAPORAN KEGIATAN SEKOLAH SEMESTER I SD EKA TJIPTA SEMANDAU TAHUN PELAJARAN 2015/2016



LAPORAN KEGIATAN SEKOLAH SEMESTER I SD EKA TJIPTA SEMANDAU




A.           Pendahuluan
          tujuan Pendidikan nasional adalah mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa; dan tujuan pendidikan nasional untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Implikasi dari Undang-Undang tersebut bahwa, pendidikan di setiap jenjang, termasuk Sekolah Dasar (SD) harus diselenggarakan secara terprogram dan sistematis mengarah kepada pencapaian tujuan pendidikan nasional. Sehubungan dengan itu maka disusunlah laporan kegiatan SD Eka Tjipta Semandau tahun pelajaran 2015/2016 yang bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan, mengembangkan peserta didik yang mandiri dan kreatif; mengembangkan keunggulan dalam proses, hasil, dan materi pembelajaran; mengembangkan program layanan akademis; mengembangkan keunggulan dalam evaluasi pembelajaran; dan mengembangkan keunggulan dalam laporan pendidikan   di Sekolah Dasar di bawah naungan Eka Tjipta Foundation (ETF) pada umumnya dan SD Eka Tjipta Semandau pada khususnya. Dengan peningkatan mutu pendidikan ini diharapkan tujuan pendidikan nasional dapat tercapai.


Kegiatan SD EKA TJIPTA SEMANDAU semester I (satu)
 Tahun ajaran 2015/2016

1.         Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB)
A.      Langkah – langkah penerimaaan peserta didik baru
Penerimaan peserta didik termasuk salah satu aktivitas penting dalam manajemen peserta didik.
Adapun prosedur penerimaan peserta didik baru di SD Eka Tjipta Semandau adalah pembentukan panitia penerimaan peserta didik baru, rapat penentuan peserta didik baru, pembuatan, pemasangan atau pengiriman pengumuman, pendaftaran peserta didik baru, seleksi, penentuan peserta didik yang diterima, pengumuman peserta didik yang diterima dan registrasi peserta didik yang diterima. Secara jelas, langkah-langkah tersebut sebagaimana pada diagram di bawah ini.



 



Secara lebih jelas, langkah-langkah Penerimaan peserta didik baru tersebut dijelaskan sebagai berikut ini.
a.    Pembentukan Panitia Penerimaan Peserta Didik Baru
Kegiatan pertama yang dilakukan dalam penerimaan peserta didik baru adalah pembentukan panitia. Panitian ini dibentuk, dengan maksud agar secepat mungkin melaksanakan pekerjaannya. Panitian yang sudah terbentuk, umumnya diformalkan dengan menggunakan Surat Keputusan (SK) Kepala Sekolah.
Susunan panitian penerimaan peserta didik baru SD Eka Tjipta Semandau adalah sebagai berikut:
1)        Ketua Umum                    : Agus Hermawan, S.Pd.
2)        Ketua Pelaksana               : Winarti, S.IP.
3)        Sekretaris                          : Rinanda Agata Ginting, A.md
4)        Bendahara                        : Jumat Tuniah, S.Pd.
5)        Pembantu Umum             : Sukron Imadudin, S.Pd.
6)        Seksi-seksi  :
a)        Seksi Pengumuman/Publikasi            : Ratni Indah Suryatini, S.Pd.
b)        Seksi Pendaftaran                             : Eka Sri Utami, S.Pd.

Adapun deskripsi tugas masing-masing panitia adalah sebagai berikut;
1)        Ketua Umum
       Bertanggungjawab secara umum atas pelaksanaan peserta didik baru baik yang sifatnya ke dalam maupun ke luar.
2)        Ketua Pelaksana
       Bertanggungjawab atas terselenggaranya penerimaan peserta didik baru sejak awal perencanaan sampai dengan yang dinginkan.
3)        Sekretaris
       Bertanggungjawab atas tersusunya konsep menyeluruh mengenai penerimaan peserta didik baru.
4)        Bendahara
       Bertanggungjawab atas pemasukan dan pengeluaran anggaran penerimaan peserta didik baru dengan sepengetahuan ketua pelaksana.
5)        Pembantu Umum
       Membantu ketua umum, ketua pelaksana, sekretaris dan bendahara jika sedang dibutuhkan
6)        Seksi Pengumuman/Publikasi
       Mengumumkan penerimaan peserta didik baru sehingga dapat diketahui oleh sebanyak mungkin calon peserta didik yang dapat memasuki sekolah.
7)        Seksi Pendaftaran
a)         Melakukan pendaftaran calon peserta didik baru berdasarkan ketentuan dan persyaratan yang telah ditentukan.
b)        Melakukan pendaftaran ulang atas peserta didik yang telah dinyatakan diterima.

b.    Rapat Penerimaan Peserta Didik
Rapat penerimaan peserta didik membahas tentang ketentuan penerimaan peserta didik baru. Sungguhpun penerimaan peserta didik demikian merupakan pekerjaan rutin yang dilakukan setiap tahun, tetapi ketentuan-ketentuan yang berkenaan dengan penerimaan harus senantiasa dibicarakan agar tidak dilupakan oleh mereka yang terlibat.

c. Pembuatan, Pengiriman/Pemasangan Pengumuman
Setelah rapat mengenai penerimaan peserta didik baru berhasil mengambil keputusan-keputusan penting, seksi pengumuman membuat pengumuman yang berisi hal-hal sebagai berikut:
1)        Gambaran singkat mengenai sekolah.
2)        Persyaratan pendaftaran peserta didik baru.
3)        Waktu pendaftaran, yang memuat keterangan kapan waktu pendaftaran dimulai dan kapan pendaftaran diakhiri. Waktu pendaftaran ini meliputi: hari, tanggal dan jam pelayanan.
4)        Tempat pendaftaran yang menyatakan di mana saja salon peserta didik tersebut dapat mendaftarkan diri. Tempat pendaftaran ini disarankan agar berada di tempat yang mudah dijangkau oleh peserta didik.
5)        Kapan pengumuman hasil seleksi diumumkan, dan di mana calon peserta didik tersebut dapat memperolehnya.
Pengumuman yang telah dibuat ditempelkan pada tempat-tempat yang strategis agar dapat dibaca oleh seluas mungkin calon peserta didik.(Pengumuman Penerimaan Peserta Didik Baru Terlampir)

d.    Pendaftaran Calon Peserta Didik Baru
Pendaftaran peserta didik dengan mengisi formulir yang telah disediakan oleh panitia penerimaan peserta didik baru dan menyerahkan syarat-syarat yang dibutuhkan.

f.     Penentuan Peserta Didik yang Diterima
penentuan peserta didik yang diterima berdasarkan umur dan daya tampung kelas tersebut. Sebab, daya tampung kelas baru juga masih mempertimbangkan jumlah peserta didik yang tinggal di kelas satu.

g.    Pendaftaran Ulang
Calon peserta didik yang dinyatakan diterima diharuskan mendaftar ulang dengan memenuhi persyaratan dan kelengkapan yang diminta oleh sekolah..
Peserta didik yang mendaftar ulang, dicatat dalam buku induk sekolah. Yang dimaksud dengan buku induk sekolah adalah buku yang memuat data penting mengenai diri peserta didik. Kedudukan buku induk ini sangat penting, karena jika kita bermaksud mengetahui siapa siswa tersebut sebenarnya, bagaimana latar belakangnya, dapat dilacak pada buku induk

B.  Daftar Peserta Didik yang diterima
          Peserta didik baru yang yang diterima di SD Eka Tjipta Semandau berjumlah 28 siswa dan dijadikan dalam 1 rombongan belajar. Adapun daftar peserta didik yang diterima adalah sebagai berikut.
No
Nama
L/P
Tempat Tanggal Lahir
Agama
Alamat
1
Adelia Zasmieka
P
Purworejo,23 Juni 2008
Islam
Pondok II SMNE
2
Adit Kurniawan
L
Purworejo,14 Mei 2008
Islam
Pondok III SMNE
3
Alifah Serani Yuniarti
P
Kebumen, 21 Juni 2008
Islam
Pondok II SMNE
4
Amadea Donelia Indriati
P
Klaten, 4 April 2009
Islam
Pondok II SMNE
5
Cahya Fatinah
P
Purworejo15 September 2008
Islam
Pondok III SMNE
6
Choirunnisa Istiqomah
P
Karanganyer, 10 Maret 2009
Islam
Pondok II SMNE
7
Citra Omanda
P
Gotong Royong, 3 Nopember 2008
Islam
Pondok III SMNE
8
Devara Satria Wicaksono
L
Yogyakarta, 27 September 2008
Katolik
Emplasment  Semandau
9
Dian Fitriana Dewi
P
Purworejo, 8 Desmbr 2008
Islam
Pondok I SMNE
10
Fachra Husna Sabila
P
Semandau, 20 Mei 2009
Islam
Pondok I SMNE
11
 Febi Eka Fitriani
P
Kebumen, 4 Februari 2009
Islam
Pondok III SMNE
12
Galuh Prameswari
P
Jakarta, 6 April 2008
Protestan
Pondok II SMNE
13
Irsan Rifai Algihfari
L
Purworejo, 13 April 2008
Islam
Pondok II SMNE
14
Kevin Raditya Ardiansyah
L
Hanau, 9 Desember 2008
Islam
Pondok I SMNE
15
Mauzalna Ade Khosasi
L
Kebumen, 18 Maret 2008
Islam
Pondok III SMNE
16
Muhamad Redy Ramadani
L
Asam Baru, 30 September 2008
Islam
Pondok III SMNE
17
Muhammad Rizky Dwi
L
Kebumen, 13 September 2008
Islam
Pondok I SMNE
18
Muhammad Zulfaa Nuur
L
Rungau Raya, 15 Januari 2009
Islam
Pondok II SMNE
19
Nur Wiji Astuti
P
Purworejo, 21 Oktober 2008
Islam
Pondok III SMNE
20
Okta Fitriyani
P
Purworejo, 13 Oktober 2008
Islam
Pondok II SMNE
21
Petrus Ronaldino
L
Maumere, 8 September 2007
Katolik
Pondok III SMNE
22
Reza Andika Putra
L
Kebumen, 14 Februari 2008
Islam
Pondok III SMNE
23
Rizky Ramadhany
L
Wonosobo, 8 September 2008
Islam
Pondok II SMNE
24
Vita Irmaya
P
Purworejo, 13 April 2009
Islam
Pondok I SMNE
25
Wanismaul Sakina
P
Kebumen,18 April 2009
Islam
Pondok II SMNE
26
Yanti Dwi Purningsih
P
Purworejo, 23 Mei 2009
Islam
Pondok II SMNE
27
Zarif Jamar Fairunnizar
L
Kebumen, 19 Januari 2009
Islam
Pondok III SMNE
28
Zitna Uly Rofat
L
Kebumen, 8 Agustus 2008
Islam
Pondok I SMNE
29
Mandung Panji Galih R.
L
Purworejo, 15 September 2009
Islam
Pondok II SMNE
30
Risha Rahmayani
P
Palangka Raya, 26 Mei 2009
Islam
Perdana Transport

2.             Pembagian Tugas Mengajar
          Pembagian tugas mengajar di SD Eka Tjipta Semandau berdasar pada program pendidikan dari tenaga pendidik.  Selain  mengacu pada pendidikan, pembagian tugas di SD Eka Tjipta Semandau  mengacu pada peraturan menteri no 39 tahun 2009. Adapun pembagian tugas mengajar di SD Eka Tjipta Semandau pada semester I (satu) tahun pelajaran 2015/2016 adalah sebagai berikut.
No
Nama
Mata. Pelajaran
Kelas
Beban Kerja
Tugas Tambahan
Keterangan
1
Agus Hermawan, S.Pd.
Matematika
IV
8 JP
Kepala Sekolah

Pembina Pramuka
Pembina Eks. Catur
2
Ratni Indah Suryatini, S.Pd.
Bahasa Indonesia
IV
8 JP
Koordinator Akademis

Guru SBK
I
2 JP
Pembina Pramuka
Guru SBK
II
2 JP
Pembina Kelas Olimpiade
Guru SBK
III
2 JP
Guru SBK
IV
2 JP
Budi Pekerti
I
1 JP
Budi Pekerti
II
1 JP
Budi Pekerti
III
1 JP
Budi Pekerti
IV
1 JP
3
Winarti, S.IP
Guru Tematik
II
21 JP
Koordinator Karakter

Pembina Eks. Gambar
4
Jumat Tuniah, S.Pd.
Guru IPA
IV (Empat)
8 JP
Koordinator Lingkungan

Guru IPS
IV (Empat)
5 JP
Pembina Pramuka
Guru PKN
IV (Empat)
3 JP
Pembina Eks. Tari
Koordinator UKS
5
Mariani Sidabutar, S.Pd.
Guru Tematik
I (satu)
21 JP
Koordinator Ekstrakurikuler

Pembina Pramuka
Pembina Eks. Vocal
6
Hartini, S.E
Guru Tematik
III (Tiga)
21 JP
Pembina Eks. Pidato

Pembina Pramuka
7
Yudo Tri Hadi, S.Pd.
Guru Bahasa Inggris
I (satu)
2 JP
Pembina Pramuka

Guru Bahasa Inggris
II (Dua)
2 JP
Koord. Perpustakaan
Guru Bahasa Inggris
III (Tiga)
2 JP
Pembina Eks. Badminton
Guru Bahasa Inggris
IV (Empat)
2 JP
Guru Pend. Agama Islam
I (satu)
2 JP
Guru Pend. Agama Islam
II (Dua)
2 JP
Guru Pend. Agama Islam
III (Tiga)
2 JP
Guru Pend. Agama Islam
IV (Empat)
2 JP
8
Erik Rudolfo, S.Pd.
Guru PJOK
I (satu)
3 JP
Pembina Pramuka

Guru PJOK
II (Dua)
3 JP
Pembina Eks. Atletik
Guru PJOK
III (Tiga)
3 JP
Guru PJOK
IV (Empat)
3 JP
Bahasa Dayak
I (satu)
2 JP
Bahasa Dayak
II (Dua)
2 JP
Bahasa Dayak
III (Tiga)
2 JP
Bahasa Dayak
IV (Empat)
2 JP

               Dalam peraturan menteri no 39 tahun 2009, beban kerja minimal tenaga pendidik 24 jam. tenaga pendidik yang belum memenuhi beban kerja minimal diberikan tugas tambahan, sehingga pembagian tugas guru SD Eka Tjipta Semandau Tahun Pelajaran 2015/2016 semester I telah memenuhi standar minimal yang ditetapkan oleh dinas pendidikan

3.             Proses Kegiatan Pembelajaran
               kegiatan pembelajaran di SD Eka Tjipta Semandau berpedoman pada kalender pendidikan dari dinas pendidikan kabupaten Seruyan dan kalender pendidikan dari Sekolah Eka Tjipta, Sehingga kegiatan pembelajaran di SD Eka Tjipta Semandau terencana dengan baik. Rangkaian aktivitas pengajaran di SD Eka Tjipta Semandau meliputi penyusunan rencana mengajar, proses belajar mengajar, penilaian, analisis dan umpan balik.  Dalam siklus pembelajaran, hal pertama yang harus dilakukan guru adalah menyusun rencana mengajar. Dalam menyusun rencana mengajar, guru mempertimbangkan hal-hal yang meliputi rincian kompetensi yang harus dicapai siswa, cakupan dan kedalaman materi, indikator pencapaian kompetensi, pengalaman belajar yang harus dilalui siswa,  persyaratan sarana belajar yang diperlukan, dan teknik serta prosedur untuk menilai ketercapaian kompetensi. Setelah rencana mengajar tersusun dengan baik, guru melakukan kegiatan belajar mengajar sesuai dengan rencana tersebut. Hal yang paling penting untuk diperhatikan dalam proses belajar mengajar ini adalah terjalinnya interaksi yang efektif antara guru, siswa, dan sumber belajar lainnya sehingga menjamin terjadinya pengalaman belajar yang mengarah ke penguasaan kompetensi oleh siswa. Untuk mengetahui dengan pasti ketercapaian kompetensi dimaksud, guru melakukan penilaian secara terarah dan terprogram. (Monitoring Administrasi pembelajaran terlampir)
Untuk meningkatkan kualitas pendidikan selain hal tersebut diatas kepala sekolah melaksanakan monitoring,  pemantauan, dan supervisi proses pembelajaran yang disusun secara terprogram. Sehingga kegiatan pembelajaran dapat dikontrol dengan baik. hasil monitoring, pemantauan dan supervisi pembelajaran, Kepala Sekolah menyampaikan hasil dari program tersebut kepada pihak-pihak yang berkaitan seperti mendiskusikan dengan guru yang bersangkutan, kepada komite sekolah, dan pengawas sekolah.


4.             Hasil Evaluasi Belajar
Penilaian atau evaluasi akan sangat di perlukan untuk mengkaji ulang sejauh mana efektifitas dan keberhasilanya suatu perancangan pembelajaran dalam pencapaian tujuan pembelajaran setelah kita buat dan kita tetapkan. Penilaian Pembelajaran di SD Eka Tjipta Semandau disampaikan kepada peserta didik  pada awal semester I dan semester II, sehingga penilaian pembelajaran di SD Eka Tjipta Semandau terarah, terencana dan terprogram dengan baik .Jenis penilaian yang dilakukan di SD Eka Tjipta Semandau meliputi ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester, ujian nasional dan ujian sekolah.
1.      Ulangan Harian adalah kegiatan yang dilakukan secara periodik untuk mengukur proses pencapaian kompetensi peserta didik setelah menyelesaikan satu Kompetensi Dasar (KD) atau lebih dalam proses pembelajaran.
2.      Ulangan Tengah Semester adalah kegiatan yang dilakukan oleh pendidik untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik setelah melaksanakan 8 - 9 minggu kegiatan pembelajaran. Cakupan ulangan tengah semester meliputi seluruh indikator yang merepresentasikan seluruh KD pada periode tersebut.
3.      Ulangan Akhir Semester adalah kegiatan yang dilakukan oleh pendidik untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik di akhir semester ganjil. Cakupan ulangan meliputi seluruh indikator yang merepresentasikan semua KD pada semester tersebut.
          Setelah melakukan penilaian guru menginformasikan kepada orang Tua/ Wali murid baik ulangan harian, ulangan tengah semester, dan ulangan akhir semester. Untuk mendapatkan nilai rapot, dilakukan perhitungan sebagai berikut.
NR = {2(R. UH) + UTS + UAS}/4
Keterangan :
NR         = Nilai Raport                                     UTS     = Ulangan Tengah Semester
R.UH     = Rata-rata Ulangan harian                UAS    = Ulangan Akhir Semester

          Laporan kemajuan hasil belajar peserta didik dibuat sebagai pertanggungjawaban lembaga sekolah kepada orangtua/wali peserta didik, komite sekolah, masyarakat, dan instansi terkait lainnya. Laporan tersebut merupakan sarana komunikasi dan kerja sama antara sekolah, orang tua, dan masyarakat yang bermanfaat baik bagi kemajuan belajar peserta didik maupun pengembangan sekolah. SD Eka Tjipta Semandau menyampaikan laporan hasil belajar peserta didik secara periodik yaitu laporan hasil belajar tengah semester I, laporan  hasil belajar semester I, laporan hasil belajar tengah semester II, dan laporan hasil belajar semester II. Perhitungan nilai rapot di SD Eka Tjipta Semandau adalah sebagai berikut. (laporan hasil belajar semester I terlampir)


BAB III
PENUTUP
Kesimpulan

      Perencanaan, pengelolaan dan penyelenggaraan harus dilakukan secara profesional karena akan menjadi titik sentral dan tolok ukur keberhasilan pendidikan di masa depan yang sekaligus akan menjadi alat ukur yang mampu menjamin kualitas pendidikan dan memberi panduan dengan arah dan tujuan yang tepat demi pertumbuhan dan perkembangan kepribadian mereka secara berkelanjutan sehingga menjadi manusia yang dewasa , mandiri dan bertanggungjawab, berilmu pengetahuan , memiliki kecakapan dan keahlian di bidang teknologi modern serta memiliki karakter atau kepribadian yang positif dalam rangka menyiapkan generasi
      laporan kegiatan SD Eka Tjipta Semandau semester I (satu) tahun pelajaran 2015/2016 mengambarkan perencanaan, pengelolaan dan penyelenggaraan seluruh kegiatan sekolah yang meliputi kegiatan penerimaan peserta didik baru, pembagian tugas mengajar, proses kegiatan pembelajaran, dan hasil evaluasi pembelajaran. Seluruh kegiatan tersebut sudah berjalan dengan baik berkat dukungan dari tim guru SD Eka Tjipta Semandau, Komite Sekolah, Management kebun semandau, dan Koordinator Sekolah.  Kami mengharap kritik, saran yang membangun untuk kegiatan sekolah mendatang dari semua pihak agar sekolah dapat mencapai pendidikan yang berkualitas, sehingga meningkatkan mutu pendidikan di SD Eka Tjipta pada umumnya dan meningkatkan mutu pendidikan di SD Eka Tjipta Semandau khususnya. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot

Halaman