LAPORAN KEGIATAN SEKOLAH SEMESTER I SD EKA TJIPTA SEMANDAU
A.
Pendahuluan
tujuan
Pendidikan nasional adalah mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta
peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa;
dan tujuan pendidikan nasional untuk mengembangkan potensi peserta didik agar
menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak
mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang
demokratis serta bertanggung jawab. Implikasi dari Undang-Undang tersebut
bahwa, pendidikan di setiap jenjang, termasuk Sekolah Dasar (SD) harus
diselenggarakan secara terprogram dan sistematis mengarah kepada pencapaian
tujuan pendidikan nasional. Sehubungan dengan itu maka disusunlah laporan
kegiatan SD Eka Tjipta Semandau tahun pelajaran 2015/2016 yang bertujuan untuk
meningkatkan mutu pendidikan, mengembangkan
peserta didik yang mandiri dan kreatif; mengembangkan keunggulan dalam
proses, hasil, dan materi pembelajaran; mengembangkan program layanan akademis;
mengembangkan keunggulan dalam evaluasi pembelajaran; dan mengembangkan
keunggulan dalam laporan pendidikan di Sekolah Dasar di bawah naungan Eka Tjipta
Foundation (ETF) pada umumnya dan SD Eka Tjipta Semandau pada khususnya. Dengan
peningkatan mutu pendidikan ini diharapkan tujuan pendidikan nasional
dapat tercapai.
Kegiatan SD EKA TJIPTA SEMANDAU semester I
(satu)
Tahun
ajaran 2015/2016
1.
Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB)
A.
Langkah – langkah penerimaaan peserta didik baru
Penerimaan peserta
didik termasuk salah satu aktivitas penting dalam manajemen peserta didik.
Adapun prosedur
penerimaan peserta didik baru di SD Eka Tjipta Semandau adalah pembentukan
panitia penerimaan peserta didik baru, rapat penentuan peserta didik baru,
pembuatan, pemasangan atau pengiriman pengumuman, pendaftaran peserta didik
baru, seleksi, penentuan peserta didik yang diterima, pengumuman peserta didik
yang diterima dan registrasi peserta didik yang diterima. Secara jelas, langkah-langkah
tersebut sebagaimana pada diagram di bawah ini.
Secara
lebih jelas, langkah-langkah Penerimaan peserta didik baru tersebut dijelaskan
sebagai berikut ini.
a. Pembentukan
Panitia Penerimaan Peserta Didik Baru
Kegiatan pertama
yang dilakukan dalam penerimaan peserta didik baru adalah pembentukan panitia.
Panitian ini dibentuk, dengan maksud agar secepat mungkin melaksanakan
pekerjaannya. Panitian yang sudah terbentuk, umumnya diformalkan dengan
menggunakan Surat Keputusan (SK) Kepala Sekolah.
Susunan panitian
penerimaan peserta didik baru SD Eka Tjipta Semandau adalah sebagai berikut:
1)
Ketua Umum : Agus Hermawan, S.Pd.
2)
Ketua
Pelaksana : Winarti, S.IP.
3)
Sekretaris : Rinanda Agata
Ginting, A.md
4)
Bendahara :
Jumat Tuniah, S.Pd.
5)
Pembantu Umum :
Sukron Imadudin, S.Pd.
6)
Seksi-seksi :
a)
Seksi
Pengumuman/Publikasi : Ratni Indah
Suryatini, S.Pd.
b)
Seksi
Pendaftaran :
Eka Sri Utami, S.Pd.
Adapun deskripsi tugas masing-masing
panitia adalah sebagai berikut;
1)
Ketua Umum
Bertanggungjawab secara umum
atas pelaksanaan peserta didik baru baik yang sifatnya ke dalam maupun ke luar.
2)
Ketua
Pelaksana
Bertanggungjawab atas
terselenggaranya penerimaan peserta didik baru sejak awal perencanaan sampai
dengan yang dinginkan.
3)
Sekretaris
Bertanggungjawab atas
tersusunya konsep menyeluruh mengenai penerimaan peserta didik baru.
4)
Bendahara
Bertanggungjawab atas pemasukan
dan pengeluaran anggaran penerimaan peserta didik baru dengan sepengetahuan
ketua pelaksana.
5)
Pembantu Umum
Membantu ketua umum, ketua
pelaksana, sekretaris dan bendahara jika sedang dibutuhkan
6)
Seksi
Pengumuman/Publikasi
Mengumumkan penerimaan peserta
didik baru sehingga dapat diketahui oleh sebanyak mungkin calon peserta didik
yang dapat memasuki sekolah.
7)
Seksi
Pendaftaran
a)
Melakukan
pendaftaran calon peserta didik baru berdasarkan ketentuan dan persyaratan yang
telah ditentukan.
b)
Melakukan
pendaftaran ulang atas peserta didik yang telah dinyatakan diterima.
b. Rapat
Penerimaan Peserta Didik
Rapat penerimaan
peserta didik membahas tentang ketentuan penerimaan peserta didik baru.
Sungguhpun penerimaan peserta didik demikian merupakan pekerjaan rutin yang
dilakukan setiap tahun, tetapi ketentuan-ketentuan yang berkenaan dengan
penerimaan harus senantiasa dibicarakan agar tidak dilupakan oleh mereka yang
terlibat.
c. Pembuatan, Pengiriman/Pemasangan Pengumuman
Setelah rapat
mengenai penerimaan peserta didik baru berhasil mengambil keputusan-keputusan
penting, seksi pengumuman membuat pengumuman yang berisi hal-hal sebagai
berikut:
1)
Gambaran
singkat mengenai sekolah.
2)
Persyaratan
pendaftaran peserta didik baru.
3)
Waktu pendaftaran,
yang memuat keterangan kapan waktu pendaftaran dimulai dan kapan pendaftaran
diakhiri. Waktu pendaftaran ini meliputi: hari, tanggal dan jam pelayanan.
4)
Tempat
pendaftaran yang menyatakan di mana saja salon peserta didik tersebut dapat
mendaftarkan diri. Tempat pendaftaran ini disarankan agar berada di tempat yang
mudah dijangkau oleh peserta didik.
5)
Kapan
pengumuman hasil seleksi diumumkan, dan di mana calon peserta didik tersebut
dapat memperolehnya.
Pengumuman yang
telah dibuat ditempelkan pada tempat-tempat yang strategis agar dapat dibaca
oleh seluas mungkin calon peserta didik.(Pengumuman Penerimaan Peserta Didik
Baru Terlampir)
d. Pendaftaran
Calon Peserta Didik Baru
Pendaftaran peserta
didik dengan mengisi formulir yang telah disediakan oleh panitia penerimaan
peserta didik baru dan menyerahkan syarat-syarat yang dibutuhkan.
f. Penentuan
Peserta Didik yang Diterima
penentuan peserta didik yang
diterima berdasarkan umur dan daya tampung kelas tersebut. Sebab, daya tampung
kelas baru juga masih mempertimbangkan jumlah peserta didik yang tinggal di
kelas satu.
g. Pendaftaran
Ulang
Calon peserta didik
yang dinyatakan diterima diharuskan mendaftar ulang dengan memenuhi persyaratan
dan kelengkapan yang diminta oleh sekolah..
Peserta didik yang
mendaftar ulang, dicatat dalam buku induk sekolah. Yang dimaksud dengan buku
induk sekolah adalah buku yang memuat data penting mengenai diri peserta didik.
Kedudukan buku induk ini sangat penting, karena jika kita bermaksud mengetahui
siapa siswa tersebut sebenarnya, bagaimana latar belakangnya, dapat dilacak
pada buku induk
B.
Daftar Peserta Didik yang
diterima
Peserta
didik baru yang yang diterima di SD Eka Tjipta Semandau berjumlah 28 siswa dan
dijadikan dalam 1 rombongan belajar. Adapun daftar peserta didik yang diterima
adalah sebagai berikut.
No
|
Nama
|
L/P
|
Tempat Tanggal Lahir
|
Agama
|
Alamat
|
1
|
Adelia Zasmieka
|
P
|
Purworejo,23
Juni 2008
|
Islam
|
Pondok II SMNE
|
2
|
Adit Kurniawan
|
L
|
Purworejo,14 Mei
2008
|
Islam
|
Pondok III SMNE
|
3
|
Alifah Serani Yuniarti
|
P
|
Kebumen, 21 Juni
2008
|
Islam
|
Pondok II SMNE
|
4
|
Amadea Donelia
Indriati
|
P
|
Klaten, 4 April
2009
|
Islam
|
Pondok II SMNE
|
5
|
Cahya Fatinah
|
P
|
Purworejo15
September 2008
|
Islam
|
Pondok III SMNE
|
6
|
Choirunnisa
Istiqomah
|
P
|
Karanganyer, 10
Maret 2009
|
Islam
|
Pondok II SMNE
|
7
|
Citra Omanda
|
P
|
Gotong Royong, 3
Nopember 2008
|
Islam
|
Pondok III SMNE
|
8
|
Devara Satria
Wicaksono
|
L
|
Yogyakarta, 27
September 2008
|
Katolik
|
Emplasment Semandau
|
9
|
Dian Fitriana
Dewi
|
P
|
Purworejo, 8
Desmbr 2008
|
Islam
|
Pondok I SMNE
|
10
|
Fachra Husna
Sabila
|
P
|
Semandau, 20 Mei
2009
|
Islam
|
Pondok I SMNE
|
11
|
Febi Eka Fitriani
|
P
|
Kebumen, 4
Februari 2009
|
Islam
|
Pondok III SMNE
|
12
|
Galuh Prameswari
|
P
|
Jakarta, 6 April
2008
|
Protestan
|
Pondok II SMNE
|
13
|
Irsan Rifai
Algihfari
|
L
|
Purworejo, 13
April 2008
|
Islam
|
Pondok II SMNE
|
14
|
Kevin Raditya
Ardiansyah
|
L
|
Hanau, 9
Desember 2008
|
Islam
|
Pondok I SMNE
|
15
|
Mauzalna Ade
Khosasi
|
L
|
Kebumen, 18
Maret 2008
|
Islam
|
Pondok III SMNE
|
16
|
Muhamad Redy
Ramadani
|
L
|
Asam Baru, 30
September 2008
|
Islam
|
Pondok III SMNE
|
17
|
Muhammad Rizky
Dwi
|
L
|
Kebumen, 13
September 2008
|
Islam
|
Pondok I SMNE
|
18
|
Muhammad Zulfaa
Nuur
|
L
|
Rungau Raya, 15
Januari 2009
|
Islam
|
Pondok II SMNE
|
19
|
Nur Wiji Astuti
|
P
|
Purworejo, 21
Oktober 2008
|
Islam
|
Pondok III SMNE
|
20
|
Okta Fitriyani
|
P
|
Purworejo, 13 Oktober
2008
|
Islam
|
Pondok II SMNE
|
21
|
Petrus Ronaldino
|
L
|
Maumere, 8
September 2007
|
Katolik
|
Pondok III SMNE
|
22
|
Reza Andika
Putra
|
L
|
Kebumen, 14
Februari 2008
|
Islam
|
Pondok III SMNE
|
23
|
Rizky Ramadhany
|
L
|
Wonosobo, 8
September 2008
|
Islam
|
Pondok II SMNE
|
24
|
Vita Irmaya
|
P
|
Purworejo, 13
April 2009
|
Islam
|
Pondok I SMNE
|
25
|
Wanismaul Sakina
|
P
|
Kebumen,18 April
2009
|
Islam
|
Pondok II SMNE
|
26
|
Yanti Dwi
Purningsih
|
P
|
Purworejo, 23
Mei 2009
|
Islam
|
Pondok II SMNE
|
27
|
Zarif Jamar
Fairunnizar
|
L
|
Kebumen, 19
Januari 2009
|
Islam
|
Pondok III SMNE
|
28
|
Zitna Uly Rofat
|
L
|
Kebumen, 8
Agustus 2008
|
Islam
|
Pondok I SMNE
|
29
|
Mandung Panji
Galih R.
|
L
|
Purworejo, 15
September 2009
|
Islam
|
Pondok II SMNE
|
30
|
Risha Rahmayani
|
P
|
Palangka Raya,
26 Mei 2009
|
Islam
|
Perdana Transport
|
2.
Pembagian Tugas Mengajar
Pembagian tugas mengajar di SD Eka Tjipta Semandau berdasar
pada program pendidikan dari tenaga pendidik.
Selain mengacu pada pendidikan,
pembagian tugas di SD Eka Tjipta Semandau
mengacu pada peraturan menteri no 39 tahun 2009. Adapun pembagian tugas
mengajar di SD Eka Tjipta Semandau pada semester I (satu) tahun pelajaran
2015/2016 adalah sebagai berikut.
No
|
Nama
|
Mata. Pelajaran
|
Kelas
|
Beban Kerja
|
Tugas Tambahan
|
Keterangan
|
1
|
Agus Hermawan, S.Pd.
|
Matematika
|
IV
|
8 JP
|
Kepala Sekolah
|
|
Pembina Pramuka
|
||||||
Pembina Eks. Catur
|
||||||
2
|
Ratni Indah Suryatini, S.Pd.
|
Bahasa Indonesia
|
IV
|
8 JP
|
Koordinator Akademis
|
|
Guru SBK
|
I
|
2 JP
|
Pembina Pramuka
|
|||
Guru SBK
|
II
|
2 JP
|
Pembina Kelas Olimpiade
|
|||
Guru SBK
|
III
|
2 JP
|
||||
Guru SBK
|
IV
|
2 JP
|
||||
Budi Pekerti
|
I
|
1 JP
|
||||
Budi Pekerti
|
II
|
1 JP
|
||||
Budi Pekerti
|
III
|
1 JP
|
||||
Budi Pekerti
|
IV
|
1 JP
|
||||
3
|
Winarti, S.IP
|
Guru Tematik
|
II
|
21 JP
|
Koordinator Karakter
|
|
Pembina Eks. Gambar
|
||||||
4
|
Jumat Tuniah, S.Pd.
|
Guru IPA
|
IV (Empat)
|
8 JP
|
Koordinator Lingkungan
|
|
Guru IPS
|
IV (Empat)
|
5 JP
|
Pembina Pramuka
|
|||
Guru PKN
|
IV (Empat)
|
3 JP
|
Pembina Eks. Tari
|
|||
Koordinator UKS
|
||||||
5
|
Mariani Sidabutar, S.Pd.
|
Guru Tematik
|
I (satu)
|
21 JP
|
Koordinator Ekstrakurikuler
|
|
Pembina Pramuka
|
||||||
Pembina Eks. Vocal
|
||||||
6
|
Hartini, S.E
|
Guru Tematik
|
III (Tiga)
|
21 JP
|
Pembina Eks. Pidato
|
|
Pembina Pramuka
|
||||||
7
|
Yudo Tri Hadi, S.Pd.
|
Guru Bahasa Inggris
|
I (satu)
|
2 JP
|
Pembina Pramuka
|
|
Guru Bahasa Inggris
|
II (Dua)
|
2 JP
|
Koord. Perpustakaan
|
|||
Guru Bahasa Inggris
|
III (Tiga)
|
2 JP
|
Pembina Eks. Badminton
|
|||
Guru Bahasa Inggris
|
IV (Empat)
|
2 JP
|
||||
Guru Pend. Agama Islam
|
I (satu)
|
2 JP
|
||||
Guru Pend. Agama Islam
|
II (Dua)
|
2 JP
|
||||
Guru Pend. Agama Islam
|
III (Tiga)
|
2 JP
|
||||
Guru Pend. Agama Islam
|
IV (Empat)
|
2 JP
|
||||
8
|
Erik Rudolfo, S.Pd.
|
Guru PJOK
|
I (satu)
|
3 JP
|
Pembina Pramuka
|
|
Guru PJOK
|
II (Dua)
|
3 JP
|
Pembina Eks. Atletik
|
|||
Guru PJOK
|
III (Tiga)
|
3 JP
|
||||
Guru PJOK
|
IV (Empat)
|
3 JP
|
||||
Bahasa Dayak
|
I (satu)
|
2 JP
|
||||
Bahasa Dayak
|
II (Dua)
|
2 JP
|
||||
Bahasa Dayak
|
III (Tiga)
|
2 JP
|
||||
Bahasa Dayak
|
IV (Empat)
|
2 JP
|
Dalam peraturan menteri no 39 tahun 2009, beban
kerja minimal tenaga pendidik 24 jam. tenaga pendidik yang belum memenuhi beban kerja minimal diberikan tugas tambahan,
sehingga pembagian tugas guru SD Eka Tjipta Semandau Tahun Pelajaran 2015/2016
semester I telah memenuhi standar minimal yang ditetapkan oleh dinas
pendidikan
3.
Proses Kegiatan Pembelajaran
kegiatan pembelajaran di SD Eka Tjipta
Semandau berpedoman pada kalender pendidikan dari dinas pendidikan kabupaten
Seruyan dan kalender pendidikan dari Sekolah Eka Tjipta, Sehingga kegiatan
pembelajaran di SD Eka Tjipta Semandau terencana dengan baik. Rangkaian aktivitas pengajaran di SD Eka Tjipta Semandau meliputi penyusunan rencana mengajar, proses
belajar mengajar, penilaian, analisis dan umpan balik. Dalam siklus pembelajaran, hal pertama yang
harus dilakukan guru adalah menyusun rencana mengajar. Dalam menyusun rencana
mengajar, guru
mempertimbangkan hal-hal yang
meliputi rincian kompetensi yang harus dicapai siswa, cakupan dan kedalaman
materi, indikator pencapaian kompetensi, pengalaman belajar yang harus dilalui
siswa, persyaratan sarana belajar yang
diperlukan, dan teknik serta prosedur untuk menilai ketercapaian kompetensi. Setelah rencana mengajar tersusun dengan baik, guru
melakukan kegiatan belajar mengajar sesuai dengan rencana tersebut. Hal yang
paling penting untuk diperhatikan dalam proses belajar mengajar ini adalah
terjalinnya interaksi yang efektif antara guru, siswa, dan sumber belajar
lainnya sehingga menjamin terjadinya pengalaman belajar yang mengarah ke
penguasaan kompetensi oleh siswa. Untuk mengetahui dengan pasti ketercapaian
kompetensi dimaksud, guru melakukan penilaian secara terarah dan terprogram. (Monitoring Administrasi pembelajaran
terlampir)
Untuk meningkatkan kualitas pendidikan selain hal
tersebut diatas kepala sekolah
melaksanakan monitoring, pemantauan, dan supervisi proses pembelajaran yang disusun secara
terprogram. Sehingga kegiatan
pembelajaran dapat dikontrol dengan baik. hasil
monitoring, pemantauan dan supervisi pembelajaran, Kepala
Sekolah menyampaikan hasil dari program tersebut kepada pihak-pihak yang
berkaitan seperti mendiskusikan dengan guru yang bersangkutan, kepada komite
sekolah, dan pengawas sekolah.
4.
Hasil Evaluasi Belajar
Penilaian atau
evaluasi akan sangat di perlukan untuk mengkaji ulang sejauh mana efektifitas
dan keberhasilanya suatu perancangan pembelajaran dalam pencapaian tujuan
pembelajaran setelah kita buat dan kita tetapkan. Penilaian Pembelajaran di SD
Eka Tjipta Semandau disampaikan kepada peserta didik pada awal semester I dan semester II,
sehingga penilaian pembelajaran di SD Eka Tjipta Semandau terarah, terencana
dan terprogram dengan baik .Jenis penilaian yang dilakukan di SD Eka Tjipta
Semandau meliputi ulangan harian,
ulangan tengah semester, ulangan akhir semester, ujian nasional dan ujian
sekolah.
1. Ulangan Harian adalah kegiatan yang dilakukan secara periodik untuk
mengukur proses pencapaian kompetensi peserta didik setelah menyelesaikan satu
Kompetensi Dasar (KD) atau lebih dalam proses pembelajaran.
2. Ulangan Tengah Semester adalah kegiatan yang dilakukan oleh pendidik
untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik setelah melaksanakan 8 - 9
minggu kegiatan pembelajaran. Cakupan ulangan tengah semester meliputi seluruh
indikator yang merepresentasikan seluruh KD pada periode tersebut.
3. Ulangan Akhir Semester adalah kegiatan yang dilakukan oleh pendidik
untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik di akhir semester ganjil.
Cakupan ulangan meliputi seluruh indikator yang merepresentasikan semua KD pada
semester tersebut.
Setelah melakukan penilaian guru
menginformasikan kepada orang Tua/ Wali murid baik ulangan harian, ulangan
tengah semester, dan ulangan akhir semester. Untuk mendapatkan nilai rapot,
dilakukan perhitungan sebagai berikut.
NR = {2(R. UH) + UTS + UAS}/4
Keterangan :
NR = Nilai Raport UTS = Ulangan Tengah Semester
R.UH = Rata-rata Ulangan harian UAS = Ulangan Akhir
Semester
Laporan kemajuan hasil belajar peserta didik dibuat sebagai
pertanggungjawaban lembaga sekolah kepada orangtua/wali peserta didik, komite sekolah,
masyarakat, dan instansi terkait lainnya. Laporan tersebut merupakan sarana
komunikasi dan kerja sama antara sekolah, orang tua, dan masyarakat yang
bermanfaat baik bagi kemajuan belajar peserta didik maupun pengembangan
sekolah. SD Eka Tjipta Semandau menyampaikan
laporan hasil belajar peserta didik secara periodik yaitu laporan hasil belajar
tengah semester I, laporan hasil belajar
semester I, laporan hasil belajar tengah semester II, dan laporan hasil belajar
semester II. Perhitungan nilai rapot di SD Eka Tjipta Semandau adalah sebagai
berikut. (laporan hasil belajar semester I terlampir)
BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
Perencanaan, pengelolaan dan
penyelenggaraan harus dilakukan secara profesional karena akan menjadi titik sentral
dan tolok ukur keberhasilan pendidikan di masa depan yang sekaligus akan
menjadi alat ukur yang mampu menjamin kualitas pendidikan dan memberi panduan
dengan arah dan tujuan yang tepat demi pertumbuhan dan perkembangan kepribadian
mereka secara berkelanjutan sehingga menjadi manusia yang dewasa , mandiri dan bertanggungjawab, berilmu
pengetahuan , memiliki kecakapan dan keahlian di bidang teknologi modern serta
memiliki karakter atau kepribadian yang positif dalam rangka menyiapkan
generasi
laporan
kegiatan SD Eka Tjipta Semandau semester I (satu) tahun pelajaran 2015/2016 mengambarkan
perencanaan, pengelolaan dan penyelenggaraan seluruh kegiatan sekolah yang meliputi
kegiatan penerimaan peserta didik baru, pembagian tugas mengajar, proses
kegiatan pembelajaran, dan hasil evaluasi pembelajaran. Seluruh kegiatan
tersebut sudah berjalan dengan baik berkat dukungan dari tim guru SD Eka Tjipta
Semandau, Komite Sekolah, Management kebun semandau, dan Koordinator Sekolah. Kami mengharap kritik, saran yang membangun
untuk kegiatan sekolah mendatang dari semua pihak agar sekolah dapat mencapai pendidikan yang
berkualitas, sehingga meningkatkan mutu pendidikan di SD Eka Tjipta pada umumnya dan
meningkatkan mutu pendidikan di SD Eka Tjipta Semandau khususnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar